STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI ERA PANDEMI DI SMP MUHAMMADIYAH LEWORENG KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

SITI AISYAH (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI ERA PANDEMI DI SMP MUHAMMADIYAH LEWORENG KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Jurnal Siti Aisyah 1843041009.pdf

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di era pandemi di SMP Muhammadiyah Leworeng, Kecamatan Donri-donri, Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kepala sekolah di era pandemi. Pendekatan penelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif format deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di era pandemi. Ada dua strategi yang diangkat dalam penelitian ini yaitu 1) Strategi fasilitatif dalam hal ini yang dilakukan melalui rapat telah dilakukan diawal munculnya pandemi yang membahas tentang pengalihan pembelajaran menjadi online. Pelatihan dilakukan kepala sekolah saat selesai rapat dan membahas tentang model-model pembelajaran online yang menarik. Tenaga pendidik diwajibkan ikut dalam kegiatan MGMP yang dilakukan dua kali dalam sebulan dengan tujuan dapat meningkatkan keprofesionalitasan yang dimiliki oleh tenaga pendidik. 2) Strategi pendidikan dalam hal ini dilakukan melalui penghadiran ahli dalam bidang memberikan pembelajaran online yang menarik serta penggunaan media pembelajaran. Evaluasi pekanan dilakukan dengan maksud mengevaluasi kembali apakah ada hambatan yang dijumpai oleh tenaga pendidik dalam dalam mengajar serta untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pendampingan dan pembimbingan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan teman sejawat ketika guru yang sudah diberi pelatihan belum mampumengaktualisasikan hasil dari pelatihan sehingga pembelajaran tetap terlaksana dengan optimal. Kata kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Mar 2023 00:57
Last Modified: 08 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27319

Actions (login required)

View Item View Item