PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSESPEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM AMANAH UMMAT KELURAHAN BATUA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

RIZKY YULIYANTI DJAMALUDDIN (2023) PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSESPEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM AMANAH UMMAT KELURAHAN BATUA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL_RIZKY YULIYANTI DJAMALUDDIN.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penerapan prinsip-prinsip andragogi pada proses pembelajaran program kesetaraan paket C di PKBM Amanah Ummat Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Tutor Paket C dan Ketua PKBM Amanah Ummat Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan Metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk menjelaskan keabsahan data ialah triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke 5 prinsip yang peneliti pilih semuanya sudah diterapkan oleh tutor. Namun, pada setiap prinsip yang di pilih, tidak semua tutor melaksanakannya. Seperti pada prinsip kesiapan, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti maka ditemukan informasi bahwa hanya ada 1 tutor yang menerapkan prinsip tersebut. Selain itu pada prinsip partisipasi dapat ditemukan informasi bahwa hanya ada 1 tutor yang benar-benar menerapakan prinsip tersebut. KATA KUNCI: Prinsip Andragogi, Proses Pembelajaran, Program Kesetaraan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:29
Last Modified: 07 Mar 2023 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27316

Actions (login required)

View Item View Item