Pengaruh Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 4 Bulukumba. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.

Hajrah,, Hajrah, (2014) Pengaruh Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 4 Bulukumba. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Hajrah.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Hajrah, 2014.Pengaruh Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 4 Bulukumba. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Proses Pembelajaran di SMKN 4 Bulukumba, (2) Gambaran Motivasi Belajar Siswa di SMKN 4 Bulukumba, dan (3) Pengaruh Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 4 Bulukumba. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi adalah seluruh siswa SMKN 4 Bulukumba sebanyak 168 orang.Karena jumlah populasinya cukup besar, maka ditarik sampel sebesar 25 persen, atau sebanyak 42 orang.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase, rata-rata (mean) dan standardeviasi dan analisis statisitik inferensial dengan menggunakan uji normalitas data, korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran tergolong dalam kategori baik, ditinjau daritahapan perencanaan (perumusan tujuan instruksional, penentuan bahan dan metode pengajaran, dan penilaian bahan pengajaran), tahap pelaksanaan (membuka, menyajikan, dan menutup), dan tahap evaluasi. Motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori tinggi ditinjau darifaktor internal (bakat, minat, intelegensi/kemampuan, rasa aman, dan kesehatan) dan faktor eksternal (interaksi guru dan siswa, cara penyajian, media pendidikan, waktu sekolah, pelaksanaan disiplin, metode belajar, tugas rumah).Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan antara proses pembelajaranterhadap motivasi belajar siswa di SMKN 4 Bulukumba. Pengaruh proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SMKN 4 Bulukumba dikategorikan kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 08:06
Last Modified: 30 Nov 2016 11:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item