Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Setiawaty, Fitria (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Fitria Setiawaty.dot

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK , 2016. . Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Univesitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Sungguminasa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, siklus I selama 3 kali pertemuan dan siklus II selama 4 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh terkait aktivitas belajar matematika siswa pada akhir siklus I berada pada kategori sangat kurang aktif. Adapun hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan berada dalam kategori “sedang” dengan skor rata-rata 52,69 dari skor tertinggi 70 dan skor terendah 24 dari skor maksimum yang mungkin dicapai yaitu 100 dengan standar deviasi 10,772. Sedangkan hasil belajar matematika siswa setelah tindakan siklus I berada dalam kategori “tinggi” dengan skor rata-rata 67,17 dari skor tertinggi 86 dan skor terendah 24 dari skor maksimum yang mungkin dicapai yaitu 100 dengan standar deviasi 13,527. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pada siklus I belum memenuhi indikator yang ingin dicapai, dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil observasi yang diperoleh terkait aktivitas belajar matematika siswa pada akhir siklus II berada pada kategori aktif. Sementara hasil belajar matematika siswa setelah tindakan siklus II berada dalam kategori “tinggi” dengan skor rata-rata 73,40 dari skor tertinggi 88 dan skor terendah 32 dari skor maksimum yang mungkin dicapai yaitu 100 dengan standar deviasi 12,786. Hasil yang telah diperoleh pada siklus II menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ingin dicapai telah terpenuhi. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Pendekatan Saintifik ABSTRACT Fitria Setiawaty, 2016. Implementation Model of Cooperative Learning Type Jigsaw with Scientific Approach to Increase Learning Result of Student. Thesis. Department of Mathematics, Faculty of Science and Mathematics. State University of Makassar. This research was the class action research that have the purpose to increase activities and mathematics learning result in the class VIIIB SMP Negeri 4 Sungguminasa pass through Model of Cooperative Learning Type Jigsaw with scientific approach. This research was implemented with 2 cycles, the first cycle with 3 times and the second cycle with 4 times. The result obtained from the students activities in mathematics learning at the end of the first cycle on the very less active category. For the mathematics learning result of students before action on the “medium” category with an average score 52,69 from the highest score 70 and lowest score 24 of the maximum possible score achievable is 100 with standard deviation 10,772. While the mathematics learning result of students after first cycle action on the “high” category with an average score 67,17 from the highest score 86 and lowest score 24 of the maximum possible score achievable is 100 with standard deviation 13,527. From the result obtained could be conclude that the result of this research on the first cycle have not yet to met the indicators to be achieved, thus the research resumed in the second cycle. In the second cycle, activities and learning result of students has increased. The result obtained about students activities at the end of the second cycle on the active category. While the mathematics learning result of students after the second cycle action on the “high” category with an average score 73,40 from the highest score 88 and lowest score 32 of the maximum possible score achievable is 100 with standard deviation 12,786. The result that have been obtained in the second cylce showed that indicators success of this research to be achieved. Thus, this research to be successful to implementing model of cooperative learning type jigsaw with scientific approach in effort to increase learning result of students. Key Word : Students Learning Activities, Learning Result of Students, Model of Cooperative Learning Type Jigsaw, Scientific Approach

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Aug 2017 01:41
Last Modified: 21 Aug 2017 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item