IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH (KAJIAN BUDAYA LOKAL SIPAKATAU, SIPAKAINGE, SIPAKALEBBI ) DI UPT SPF SD INPRES BTN IKIP II MAKASSAR

NURLAELASARI (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH (KAJIAN BUDAYA LOKAL SIPAKATAU, SIPAKAINGE, SIPAKALEBBI ) DI UPT SPF SD INPRES BTN IKIP II MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL 1643040012 NURLAELASARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah (kajian lokal sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi) di UPT SPF BTN INPRES BTN IKIP II Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah (kajian lokal sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi) di UPT SPF SD INPRES BTN IKIP II Makassar berdasarkan pendekatan struktural dan pendektan kultural. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SD INPRES IKIP II Makassar. Sumber data pada penelitian ini kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik tringulasi. Hasil penelitianimplementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah berdasarkan 1). Pendekatan struktural berupa visi, misi dan tujuan sekolah, aturan dan tata tertib sekolah serta kegiatan dan program sekolah dilihat dari penerapannya terdapat budaya sipakatau atau saling menghormati ditunjukkan dengan kebiasaan tabe’, memberi salam dan juga tepuk PPK, sipakainge atau saling menghargai yaitu saling mengingatkan ketika terjadi pelanggaran, jam sekolah dan berpakaian sopan. Selanjutnya sipakalebbi yaitu saling memuliakan dengan sikap saling menghormati dan menghargai 2). Pendekatan kultural yaitu berupa kebiasaan keseharian warga sekolah dan nilai budaya sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi, dalam penerapannya sudah cukup baik berupa perilaku positif yang diberikan sekolah. Perilaku dan Nilai-nilai dari budaya 3S dapat ditemukan dalam bentuk beberapa nilai seperti nilai religius, mandiri, nasionalis dan integritas. Kata Kunci: Sipakatau, Pendidikan karakter, Budaya

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:32
Last Modified: 16 Feb 2023 05:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27270

Actions (login required)

View Item View Item