IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI UPT SD NEGERI 8 BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO

NURFATIMAH (2023) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI UPT SD NEGERI 8 BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
JURNAL NURFATIMAH.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter peserta didik di UPT SD Negeri 8 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter peserta didik terkait dengan religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Pendekatan Penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data 4 kata Judul Artikel (Penulis) | 2berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakter Religius, diterapkan melalui pembiasaan rutin dan spontan diantaranya sholat dhuha setiap hari jumat, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, praktek wudhu, menghafal surah-surah pendek, dan menghafal asmaul husna. 2) Karakter Nasionalisme, diterapkan melalui pembiasaan rutin diantaranya latihan upacara setiap hari sabtu, pramuka setiap bulan. Kemudian di dalam kelas yaitu menghafal nama pahlawan, menghafal sumpah pemuda, proklamasi dimana pembiasaan ini diintegrasikan ke dalam mata pelajaran berdasarkan tema pembelajaran, serta sebelum masuk kelas melakukan baris berbaris sambal menghafalkan janji murid. 3) Karakter Kemandirian, diterapkan melalui pembasaan rutin, spontan, dan keteladanan yang mana di antaranya membersihkan di luar dan di dalam kelas, membaca, menggambar, mengerjakan tugas atau PR,baris berbaris, menyiapkan untuk memulai pelajaran, menyiapkan sepatu dan menyimpan di rak sepatu. 4) Karakter Gotong Royong, melalui pembiasaan rutin, spontan, dan keteladanan yang mana di antaranya kerja bakti setiap hari jumat, saling tolong menolong, serta adanya jadwal piket kelas yang sudah terjadwal setiap harinya. 5) Karakter Integritas, diterapkan melalui pembiasaan rutin dan keteladanan yang mana di antaranya menaati tata tertib yang berlaku di sekolah. Kata Kunci: Budaya Sekolah, Karakter Peserta Didik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:21
Last Modified: 16 Feb 2023 05:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27268

Actions (login required)

View Item View Item