STRATEGI HUMAS DALAM MENJALIN KERJA SAMA DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI DI SMK NEGERI 1 LUWUTIMUR KABUPATEN LUWU TIMUR

AYU AMALIYA (2023) STRATEGI HUMAS DALAM MENJALIN KERJA SAMA DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI DI SMK NEGERI 1 LUWUTIMUR KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
Artikel Ayu Amaliya.docx

Download (53kB)

Abstract

Ayu Amaliya, 2022. Strategi Humas dalam Menjalin Kerja Sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di SMK Negeri 1 Luwu Timur Kabupaten Luwu Timur. Skripsi dibimbing oleh Drs. Andi Mappincara, M.Pd. dan Syamsurijal Basri, S.Pd., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini mengkaji tentang strategi humas dalam menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri di SMK Negeri 1 Luwu Timur Kabupaten Luwu Timur. Fokus penelitian ini untuk mengetahui strategi humas dalam menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri serta faktor penghambat dan pendukung di SMK Negeri 1 Luwu Timur Kabupaten Luwu Timur. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek humas/hubin, ketua BKK, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi humas SMK Negeri 1 Luwu Timur dalam menjalin kerja sama dengan DU/DI diantaranya: (1) Strategi operasional, meliputi; penandatangan MoU dan pelibatan seluruh stekholder, (2) Strategi persuasif dan edukatif, meliputi; mensosialisasikan potensi dan keunggulan sekolah, pembelajaran produktif, program pelatihan, pemenuhan fasilitas dan sosialisasi pra magang, (3) Strategi tanggung jawab sosial, meliputi; analisis kebutuhan masyarakat dan dunia kerja, pelayanan prima dan pengoptimalan perancangan dan pelaksanaan program keahlian, (4) Strategi kerja sama, meliputi; pelaksanaan Prakerin, penelusuran lulusan, kunjungan industry, dan magang guru, (5) Strategi koordinatif dan integratif, meliputi; menciptakan citra positif sekolah, komunikasi timbal balik,program keahlian unggul dan pemanfaatan media komunikasi dan informasi. Faktor pendukung dan penghambat kerja sama berasal dari dalam dan luar sekolah.Adapun saran yang diberikan yaitu; (1) memberikan job deskripsi yang jelas pada setiap pegawai agar tidak terjadi tumpang tindih tugas. (2) mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi sebagai wadah mengintegrasikan layanan informasi dan relasi dengan DU/DI. Kata Kunci: Strategi Humas, Kerja Sama, DU/DI.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:51
Last Modified: 16 Feb 2023 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27265

Actions (login required)

View Item View Item