PENERAPAN METODE TOKEN EKONOMI (TABUNGAN BINTANG) DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK TUNARUNGU KELAS VI DI SLB AL QASMI WATAMPONE

AINUL RAFIQAH (2023) PENERAPAN METODE TOKEN EKONOMI (TABUNGAN BINTANG) DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK TUNARUNGU KELAS VI DI SLB AL QASMI WATAMPONE.

[img] Text
JURNAL AINUL RAFIQAH PKh 18.pdf

Download (491kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang masalah perilaku agresif pada anak tunarungu kelas VI. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Bagaimanakah perilaku agresif pada anak tunarungu kelas VI di SLB AL Qasmi Watampone melalui metode token ekonomi (tabungan bintang) berdasarkan hasil analisis antar kondisi”? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penurunan perilaku agresif pada anak tunarungu kelas VI sebelum diberi intervensi (A1), 2) Penurunan perilaku agresif pada anak tunarungu kelas VI pada saat diberi intervensi (B), 3) Penurunan perilaku agresif pada anak tunarungu kelas VI setelah diberi intervensi (A2), 4) Penurunan perilaku agresif pada anak tunarungu kelas VI berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi (A1) saat diberi intervensi (B) dan setelah diberi intervensi (A2). Teknik Pengumpulan data yang digunakan berupa frekuensi dan pencacatan kejadian. Subjek penelitian ini adalah seorang anak tunarungu kelas VI berinisial AA. Teknik analisis data yaitu Single Subject Research(SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengurangan perilaku agresif 1) pada kondisi baseline 1 (A1) sabjek AA melakukan perilaku agresif berupa perilaku marah-marah meskipun datanya sudah stabil. 2) pengurangan perilaku agresif pada kondisi intervensi (B) mengalami penurunan. Hal ini dapat terjadi karena diberikan perlakuan dengan menerapkan metode token ekonomi (tabungan bintang) hal ini berpengaruh baik terhadap pengurangan perilaku agresif. 3) pengurangan perilaku agresif pada kondisi baseline 2 (A2) sabjek AA mengalami penurunan bahkan kondisi ini jauh lebih baik dibandingkan dengan kondisi baseline 1 (A1). 4) Berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu perubahan perilaku agresif pada kondisi baseline 1 (A1) saat diberi intervensi dan Baseline 2 (A2) penerapan metode token ekonomi (tabungan bintang) ini dapat dikatakan memberikan efek yang positif terhadap penguranganperilaku agresif pada subjek. Pada baseline 1 (A1) pengurangan perilaku agresif pada anak tunarungu kelas VI di SLB Al Qasmi Watampone. Kata kunci: Perilaku agresif, Metode token ekonomi, Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:30
Last Modified: 16 Feb 2023 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27263

Actions (login required)

View Item View Item