MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE SIMULASI DI KELAS III SD INPRES BAROMBONG II KOTA MAKASSAR

Surianti (2023) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE SIMULASI DI KELAS III SD INPRES BAROMBONG II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
01.Sampul.doc

Download (199kB)
[img] Text
03.PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc

Download (25kB)
[img] Text
04.PENGESAHAN UJIAN SKRIPS1.doc

Download (22kB)
[img] Text
05.MOTTO.doc

Download (22kB)
[img] Text
07.ABSTRAK.doc

Download (25kB)
[img] Text
08.PRAKATA.doc

Download (44kB)
[img] Text
09.DAFTAR ISI.doc

Download (41kB)
[img] Text
10.SKRIPSI LENGKAP.doc

Download (252kB)
[img] Text
Lampiran 1,2.doc

Download (79kB)

Abstract

Surianti. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Murid dalam mata pelajaran IPS melalui penggunaan metode simulasi di kelas III SD Inp. Barombong II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muh. Nur Mustakim, M.Pd dan Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar murid dalam mata pelajaran IPS di kelas III SD Inp. Barombong II Kota Makassar. Penelitian dilaksanakan di SD Inp. Barombong II dengan subyek penelitian adalah guru dan murid kelas III yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat tahapan pelaksanan yaitu: tahap perencanaan, tahap aksi, tahap observasi, dan tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi yang diperoleh murid yang mengikuti pembelajaran IPS melalui penggunaan metode simulasi pada siklus I dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar murid melalui penggunaan metode simulasi mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:19
Last Modified: 16 Feb 2023 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27250

Actions (login required)

View Item View Item