PENGARUH VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANG TUAH MAKASSAR

NAMIRA RAMADANA (2023) PENGARUH VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANG TUAH MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Namira Ramadana Turnitin 3.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan anak usi 5-6 tahun di TK Hang Tuah Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif melalui jenis penelitian Quasi Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 yang ada di TK Hang Tuah Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak dengan pembagian 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak yang diberi perlakuan kegiatan penayangan video interaktif pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis data yang diperoleh pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan rata-rata, sedangkan pada kelompok kontrol tidak mengalami perubahan. Jadi dapat disimpulkan video interaktif memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah Makassar. Kata Kunci: media video interaktif; kemampuan membaca permulaan; anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2023 05:55
Last Modified: 15 Feb 2023 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27236

Actions (login required)

View Item View Item