MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE HURUF DI TK NEGERI KARTINI KEC.BANTAENG KAB. BANTAENG

NINING MUTHMAINNAH BURHAN (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE HURUF DI TK NEGERI KARTINI KEC.BANTAENG KAB. BANTAENG.

[img] Text
Artikel Nining Muthmainnah Burhan.pdf

Download (465kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa reseptif anak di Tk Negeri Kartini di Kec. Bantaeng Kab. Bantaeng. Jenis penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan kelas di rancang untuk dilakukan dalam 1 siklus setiap siklus memiliki tahapan rencana ,tindakan,observasi,refleksi. Subjek dalam peneltian adalah kelompok B1 di TK Negeri Kartini Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng pada semester l tahun ajaran 2022-2023 dengan jumlah pengajar 1 guru dan 10 anak didik, laki-laki terdiri 5 orang anak , dan perempuan terdiri 5 anak. Objek penelitian adalah permainan puzzle huruf terhadap kemampuan bahasa reseptif anak di TK Negeri Kartini . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan melihat pelaksanaan kegiatan dan melakukan pengamatan mengenai membaca huruf melalui pemberian perlakuan pada lokasi penelitian, untuk tes perilaku diberikan pada anak setiap pertemuan dan dokumentasi menggunakan kamera untuk memperoleh data dan informasi dalam bentuk foto yang mendukung penelitian mengenai kemampuan Bahasa reseptif anak melalui permainan puzzle huruf . Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada kemampuan bahasa reseptif anak melalui permainan puzzle huruf pada anak kelompok B Di TK Negeri Kartini. Hasil observasi yang dilakukan pada saat siklus I mencapai 60%, siklus II mencapai 80% Hal tersebut telah mencapai kriteria keberhasilan penelitian 80% dengan kriteria berkembang sangat baik. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak melalui permainan puzzle huruf yaitu sebagai berikut: 1) Guru mengenalkan puzzle huruf ; 2) Anak-anak mengulang kembali kata yang di sampaikan oleh guru ;3) pengelolaan waktu yang efektif ; 4) Guru memberikan motivasi Kata kunci: Permainan Puzzle Huruf, Kemampuan Bahasa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2023 05:48
Last Modified: 15 Feb 2023 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27235

Actions (login required)

View Item View Item