Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Guru

RAMLI, HARIANI (2016) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Guru. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABSTRAK.1.docx

Download (12kB)

ABSTRAK . 2015. Skripsi.Pendidikan Akuntansi.Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar (UNM). (Pembimbing: Mukhammad Idrus S.E.,Ak.,M.Si.,CA dan Dr.H.Muhammad Azis M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhfaktor ekonomi, prestasi, keluarga, dan kampus terhadap motivasi mahasiswa pendidikan akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru secara parsial maupun secara simultan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2011-2014 yang masih aktif yang berjumlah 392, dan sampelnya berjumlah 120 orang. Teknik pengumpulan data yang digunangkan adalah kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan programSPSS 20 for windows. Hasil persamaan regresi linear berganda yang diperolehbahwa faktor ekonomi,prestasi, keluarga, dan kampusterhadap motivasi mahasiswa pendidikan akuntansiuntuk mengikuti pendidikan profesi guru, Y = 2,323 + 0,479X 1 + 0,168 X2+ 0,134 X3+ 0,089 X4.koefisien korelasi berganda (R) adalah sebesar 0,655. Nilai tersebut menunjukkan hubungan dalam kategori rendah. Sedangkan koefisien determinasi (r 2 ) = 0,429 atau 42,9% yang berarti bahwa kontribusi faktor ekonomi, prestasi, keluarga, dan kampus terhadap motivasi mahasiswa pendidikan akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi guru sebesar 42,9 %, sedangkan sisanya sebesar 57,1% ditentukan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima. Faktorekonomi,prestasi, keluarga, dan kampus memiliki pengaruh terhadap motivasi mahasiswa pendidikan akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi guru, baik secara parsial maupun secara simultan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Aug 2017 01:36
Last Modified: 10 Aug 2017 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2723

Actions (login required)

View Item View Item