PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAKKELOMPOK B TK NEGERI KARTINI BANTAENG

SRI DEVI (2023) PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAKKELOMPOK B TK NEGERI KARTINI BANTAENG.

[img] Text
Pengaruh Penerapan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B TK Negeri Kartini Bantaeng.pdf

Download (805kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media flash card terhadap pemahaman membaca permulaan pada anak kelompok B TK Negeri Kartini Bantaeng. Berdasarkan pengamatan kenyataan di lapangan terhadap permasalahan yaitu rendahnya kemampuan membaca permulaan anak masih kurang dikarenakan metode pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena menggunakan lembar kerja serta pembelajarannya masih bersifat konvensional yang artinya bersifat menonton. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian yaitu nonequaivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 di TK Negeri Kartini Bantaeng. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 12 anak yang terdiri dari 6 anak pada kelompok eksperimen dan 6 anak kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dekspriptip dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pertama anak yang diberi perlakuan media flash card pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Flash card berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak TK Negeri Kartini Bantaeng Kelompok B. Kata Kunci: Media, flash card, Membaca Permulaan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:08
Last Modified: 14 Feb 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27215

Actions (login required)

View Item View Item