PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MURID KELAS V SD NEGERI KALUKUANG II MAKASSAR

WAHIDAH DINUR (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MURID KELAS V SD NEGERI KALUKUANG II MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Nurkhalisa Ramdana.pdf

Download (328kB)

Abstract

Wahidah Dinur, 2009. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Datar Melalui Pendekatan Realistik pada Murid Kelas V SD Negeri Kalukuang II Makassar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SD Negeri Kalukuang II Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika murid melalui pendekatan matematika realistik. Subjek penelitian ini adalah murid Kelas V SD Negeri Kalukuang II Makassar pada Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 30 orang dengan komposisi 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Siklus I dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dan Siklus II dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: (1). Pada Siklus I, berada pada kategori ”cukup”. (2). Pada Siklus II berada pada kategori ”baik”.Secara kualitatif terjadi peningkatan kehadiran dan aktivitas murid, dan kegiatan guru dalam proses belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan realistik matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar pada murid kelas V SD Negeri Kalukuang II Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:41
Last Modified: 14 Feb 2023 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27210

Actions (login required)

View Item View Item