PENGARUH STORYTELLING DENGAN MEDIA KARTUBERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL CAB BANTAENG

ZULFIRA S (2023) PENGARUH STORYTELLING DENGAN MEDIA KARTUBERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL CAB BANTAENG.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI ZULFIRA S..pdf

Download (389kB)

Abstract

Zulfira S. 2022. Pengaruh Storytelling dengan Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisiyah Bustanul Athfal Cab. Bantaeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar ( dibimbing oleh Azizah Amal dan Herman ).Penelitian ini adalah penelitian eskperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh storytelling dengan media kartu bergambar terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun mpel pada penelitian ini adalah Purpusive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak dengan 6 anak sebagai kelompok eksperimen 6 anak kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak diberi perlakuan kegiatan storytelling dengan media kartu bergambar pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Hasil analisis data yang diperoleh peningkatan rata-rata padakelompok eksperimen, 14,33 sedangkan pada kelompok kontrol 2,33. Hasil pengujian menunjukkan nilai sig.0,027 (2-tailed), maka Hₒ ditolak dan Hₗ diterima. Jadi dapat disimpulkan kegiatan storytelling dengan media kartu bergambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Aisiyah Bustanul Athfal Cab. Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:14
Last Modified: 14 Feb 2023 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27207

Actions (login required)

View Item View Item