PENGARUH PERCOBAAN SAINS SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI RA ISLAMNURUL QUDDUS BAROMBONG

FITRIANTI (2023) PENGARUH PERCOBAAN SAINS SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI RA ISLAMNURUL QUDDUS BAROMBONG.

[img] Text
FITRIANTI JURNAL.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Percobaan Sains Sederhana Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Ra Islam Nurul Quddus. Adapun metode yang digunakanyaitu pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Subjek dalam penelitian ini yakni anak yang berusia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Quddus. Penentuan sampel padapenelitian ini yakni menggunakan teknik pusposive sampling dengan melibatkan sebanyak 12 anak dengan membagi menjadi 2 kelompok, 6 diantaranya sebagai kelompok eksperimen dan 6 sebagai kelompok kontrol. Terdapat dua teknik yang akan digunakan dalam pengolahan data yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Berdasarkanhasil pengolahan data maka peneliti menarik kesimpulan bahwa keeterampilan motorik halus anak yang diberi perlakuan kegiatan finger painting pada kelompok eksperimen lebih berpengaruhdibandingkan kelompok kontrol. Hasil yang diperoleh Asym (2-tailed)=0,026<0,05 sehingga peneliti menyimpulkan bahwa H1 diterima dan H0ditolak artinya motorik halus pada kelas eksperimenlebih berpengaruh jika dibandingkan dengan kelaskontrol, hal tersebut membuktikan Metode Percobaan sains sederhana dengan kegiatan finger paintingmemiliki pengaruh terhadap peningkatan motorik halus anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Feb 2023 05:45
Last Modified: 14 Feb 2023 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27204

Actions (login required)

View Item View Item