PENGEMBANGAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK TAMANKANAK-KANAK BUQ’ATUN MUBARAKAH

IHDA AISYAH CHAMA (2023) PENGEMBANGAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK TAMANKANAK-KANAK BUQ’ATUN MUBARAKAH.

[img] Text
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.pdf

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan perilaku kemandirian anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan perilaku kemandirian anak TK Buq'atun Mubarakah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perilaku kemandirian anak TK Buq'atun Mubarakah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelompok B2, guru kelas dan kepala sekolah yang mengajarkan kemandirian anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datayang digunakan adalah reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perilaku kemandirian anak di taman kanak-kanak buq’atun mubarakah dikembangkan melalui kegiatan kemandirian yang diajarkan guru setiap hari di sekolah dengan dapat memberikan pengetahuan akan pentingnya kemandirian dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak bergantung pada orang lain dalam melaksanakan sesuatu agar anak dapat menyelesaikannya dengan sendirinya. Kata Kunci: Kemandirian Anak Usia Dini

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Feb 2023 05:30
Last Modified: 14 Feb 2023 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27202

Actions (login required)

View Item View Item