PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN KOLABORATIFTERHADAP KREATIVITAS BERMAIN MOZAIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL UMDI WIRINGTASI KABUPATEN BARRU

NABILAH. HF (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN KOLABORATIFTERHADAP KREATIVITAS BERMAIN MOZAIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL UMDI WIRINGTASI KABUPATEN BARRU.

[img] Text
ARTIKEL NABILAH HF_1749041009.pdf

Download (620kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kreativitas anak dalam unsur-unsur berpikir kreatif. Hal ini disebabkan karena anak masih meminta bantuan guru setiap melakukan kegiatan dan mencontoh sesuatu yang dibuat guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain kolaboratif terhadap kreativitas bermain mozaik anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Umdi Wiringtasi Kabupaten Barru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian QuasiExperiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Umdi Wiringtasi dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 anak yaitu 6 anak kelompok kontrol dan 6 anak kelompok eksperimen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil uji beda (Wilcoxon) diperoleh nilai Thitung 14 > Ttabel 2,228 dan nilai Zhitung 0,7352 > Ztabel 0,2734, artinya ada pengaruh metode pembelajaran bermain kolaboratif terhadap kreativitas bermain mozaik anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Umdi Wiringtasi Kabupaten Barru. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Bermain Kolaboratif; Kreativitas; Mozaik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Feb 2023 06:28
Last Modified: 10 Feb 2023 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item View Item