PENGARUH BERMAIN DENGAN MEDIA ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUNDI TAMAN KANAK-KANAK WILDANUN KOTA MAKASSAR

EFATA RIJNIA (2023) PENGARUH BERMAIN DENGAN MEDIA ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUNDI TAMAN KANAK-KANAK WILDANUN KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Efata Rijnia_Artikel Pengaruh Bermain Origami Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak PAUD.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain dengan media origami untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di Taman kanak�Kanak Wildanun Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental yang memiliki jumlah populasi 15 anak dan sampel 12 anak dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statis nonparametrik dengan uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas anak yang bermain dengan media origami masuk dalam kategori berkembang sangat baik sementara media kertas lainnya masuk dalam kategori mulai berkembang. Berdasarkan hasil uji beda (Wilcoxon) diperoleh nilai Thitung 22 ≥ Ttabel 2,228 dan nilai Zhitung 2,41 ≥ Ztabel 0,4929, yang artinya terdapat pengaruh pada variabel dari kegiatan bermain dengan menggunakan media kertas origami pada anak usia 5-6 tahun di TK Wildanun Kota Makassar. Kata kunci: kreativitas, origami, pendidikan anak usia dini

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:10
Last Modified: 09 Feb 2023 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27188

Actions (login required)

View Item View Item