Gebrien Bunduk, (2023) PENGARUH KEGIATAN OUTBOUND ROLE PLAYTERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA MAKASSAR.
Text
DOC-20230206-WA0046..pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan outbound role play terhadap perilaku sosial anak usia dini. Penelitian didasari atas pentingnya aspek perkembangan sosial emosional anak khususnya perilaku prososial. Penelitian menggunakan metode eksperimen quasi eksperimental design dengan menggunakan model nonequivalent control group design. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B3 TK Telkom Kota Makassar Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada proses penelitian ini ialah dengan menggunakan statistik deskriptif dan juga analisis nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kegiatan outbound role play dapat meningkatkan perilaku prososial anak, setelah dilakukan kegiatan outbound role play perilaku prososial anak mengalami perkembangan serta peningkatan pada setiap pertemuan dapat dilihat bahwa anak mampu membangun komunikasi, anak mampu mengembangkan interaksi sosial serta anak mampu bekerjasama. Kata kunci: outbound, roleplay, prososial, anak usia dini
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 07:02 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 07:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27187 |
Actions (login required)
View Item |