PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING MENGGUNAKAN BAHAN ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI RA ARIFAH PANGKABINANGA KABUPATEN GOWA

SERINA ALMIRA (2023) PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING MENGGUNAKAN BAHAN ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI RA ARIFAH PANGKABINANGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL-SERINA ALMIRA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Finger Painting Menggunakan Bahan Alam terhadap kreativitas anak kelompok B1 di Ra Arifah Pangkabinanga Kabupaten Gowa. Pendekatan Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelompok B1 yang ada di Ra Arifah. Adapaun pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 anak dengan pembagian 6 anak sebagai kelompok ekperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak yang diberi perlakuan pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 7,83, sedangkan pada kelompok kontrol 1,76. Hasil pengujian menunjukkan nilai sig. (2- tailed) 0,24 < 0,05 , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger painting menggunakan bahan alam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas anak kelompok B1 di Ra Arifah Pangkabinanga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Feb 2023 05:43
Last Modified: 09 Feb 2023 05:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27179

Actions (login required)

View Item View Item