PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA MENGGUNAKANMEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK DI RA ARIFAH KABUPATEN GOWA

REVINA AMELIA SAMDI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA MENGGUNAKANMEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK DI RA ARIFAH KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Jurnal Jendela Bunda.pdf

Download (477kB)

Abstract

Eksperimen Semu yang dilakukan dalam penelitian ini menjadi wadah yang bertujuan untuk melihat perbedaan keterampilan menyimak pada anak saat sebelum dan setelah diberikan perlakuan metodebercerita menggunakan media yang disebut dengan media pop-up book, serta dapat mengetahuiapakah ada pengaruh metode mendongeng menggunakan media pop-up book terhadap keterampilanmenyimak pada anak usia 5-6 tahun di Ra Arifah Kabupaten Gowa. Variabel bebas yang terdapat pada penelitian ini yaitu metode bercerita menggunakan media pop-up book, sedangkan variabelterikatnya yaitu keterampilan menyimak. Populasi pada penelitian ini yaitu kelompok B di Ra ArifahKabupaten Gowa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling,yaitu terdiri dari 12 anak. Sampel tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 6 anak sebagaikelompok eksperimen dan 6 anak lainnya sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data padapenelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dananalisis non parametrik. Hasilanalisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,026 < 0,05, H0 ditolak dan H diterima, artinyaketerampilan menyimak anak menggunakan media pop-up book memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menyimak anak di Ra Arifah Kabupaten Gowa. Kata Kunci : keterampilan menyimak, media pop-up book, metode bercerita

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:44
Last Modified: 09 Feb 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27172

Actions (login required)

View Item View Item