ANALISIS KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN ANAK MELALUI METODE TABARAK DI TAMAN KANAK-KANAK PLUS QURTHUBA MAKASSAR

AMIRAH MUFIDAH (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN ANAK MELALUI METODE TABARAK DI TAMAN KANAK-KANAK PLUS QURTHUBA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel_Amirah Mufidah.pdf

Download (310kB)

Abstract

Pendidikan Al-Qur’an saat ini sangat banyak diminati oleh orang tua. Banyak sekali metode-metode menghafal Al-Qur’an yang digunakan diberbagai sekolah-sekolah. Salah satu metode menghafal Al-Qur’an yaitu metode menghafal melalui metode Tabarak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gambaran metode tabarak di taman kanak-kanak plus qurthuba makassar dan juga bagaimana hafalan al-qur’an anak dapat meningkat melalui metode tabarak ini. Metode pada penelitian ini ialah deksriptif kualitatif. Pengumpulan data di dapatkan melalui proses wawancara guru, observasi, dan dokumentasi. Metode menghafal Al-Qur’an di taman kanak-kanak plus qurthuba makassar melalui tabarak menunjukkan kurikulum yang terdiri dari 2 level. Media yang digunakan yaitu media audio visual. Kegiatan belajar mengajar berlangsung selama 5 hari. kegiatannya terdiri dari kegiatan Pembuka, Inti dan Penutup. Pada Kegiatan Inti TK Plus Qurthuba telah memodifikasi program dari metode Tabarak dengan menambahkan kegiatan Inti Seperti Sekolah TK pada umumnya. Proses pemutaran video, murajaah hafalan dan menghafal berlangsung selama 2 Jam. Kemampuan menghafal Al-Quran anak melalui metode tabarak dapat meningkat dengan memperhatikan target-targetnya, konsisten untuk selalu mengulang-ulang atau memurajaah hafalannya yang tentunya kerjasama dari orang tua sangat dibutuhkan dalam pencapaian target-target tersebut dan dibuktikan dari hasil Ujian. Kata kunci: Metode Tabarak, Al-Qur’an, Anak Usia Dini

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:19
Last Modified: 09 Feb 2023 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27164

Actions (login required)

View Item View Item