LITA PRATIWI (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI DI PAUD KB GEMILANG.
Text
ARTIKEL_LITA.pdf Download (375kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran flash card terhadap keterampilan bahasa ekspresif pada anak usia dini di PAUD KB Gemilang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianPre Eksperiment One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di PAUD KB Gemilang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh.Sampel dalam penelitian ini adalah 13 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisi statistik non-parametrik. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan bahasa ekspresif anak sebelum di berikan pembelajaran dengan media flash card, dan setelah di berikan pembelajaran dengan media flash card mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut dibuktikan dari hasil uji sampel tes (Pretest dan Posttest) yaitu diperoleh nilai Thitung yang di peroleh yaitu 10 dan Ttabel yaitu 2,201 maka diperoleh Thitung 10 > Ttabel 2,201 = H1 diterima dan H0 ditolak, dan nilai Zhitung yang diperoleh yaitu 3,0 dan Ztabel yaitu 0,99666 maka di peroleh Zhitung 3,0 > Ztabel 0,99666 = H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh media flash card terhadap keterampilan bahasa ekpresif anak. Kata Kunci: media flash card; keterampilan bahasa ekspresif ; anak usia dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 01:12 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 01:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27163 |
Actions (login required)
View Item |