PENERAPAN MEDIA BOOKLET SEBAGAI DASAR PENGEMBANGANKETERAMPILAN MEMBACA AWAL ANAK DI TK DHARMA WANITA TANGKOLI

SUCIMINARNI MADE (2023) PENERAPAN MEDIA BOOKLET SEBAGAI DASAR PENGEMBANGANKETERAMPILAN MEMBACA AWAL ANAK DI TK DHARMA WANITA TANGKOLI.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (738kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui gambaran penerapan media booklet di TK Dharma Wanita Tangkoli sebagai dasar pengembangan keterampilan membaca awal anak. Pendekatan dan jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Fokus data penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerapan media booklet sebagai dasar pengembangan keterampilan membaca awal anak di TK Dharma Wanita Tangkoli. Subjek data penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tangkoli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian yaitu triangulasi. Teknik analisis data data penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan media booklet di TK Dharma Wanita Tangkoli dilakukan setiap dua kali dalam satu minggu. Indikator kemampuan membaca awal anak telah sesuai dengan pembelajaran anak. Kegiatan membaca awal menjadi kegiatan pembelajaran tambahan untuk anak setelah pembelajaran inti selesai. Pemilihan penggunaan media booklet dalam pembelajaran membaca awal anak sangat benar dan tepat sasaran (accourate) karena desainnya yang menarik (interesting). Kata Kunci : Penerapan media booklet; keterampilan membaca awal

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:46
Last Modified: 08 Feb 2023 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27159

Actions (login required)

View Item View Item