PENGARUH BERMAIN PAPER QUILLING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK�KANAK KEMALA BHAYANGKARI

NUR RACHMI IDRIS (2023) PENGARUH BERMAIN PAPER QUILLING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK�KANAK KEMALA BHAYANGKARI.

[img] Text
JURNAL AWLADY NUR RACHMI IDRIS.pdf

Download (578kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok A. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 anak dengan 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan kegiatan paper quilling pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol dengan perolehan nilai Thitung 132 > Ttabel 2,145 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, sedangkan nilai Zhitung 2,34 > Ztabel 0,4906 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, ini membuktikan penggunaan kegiatan paper quilling memberikan pengaruh yang signifikan untuk perkembangan kemampuan motorik halus anak. Kata Kunci: Bermain , Paper Quilling, Motorik Halus. Anak 4-5 Tahun.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:27
Last Modified: 08 Feb 2023 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27156

Actions (login required)

View Item View Item