AISYAH (2023) PENGARUH APLIKASI KIDS PUZZLES GAME TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IDHATA CAMBAYA.
Text
Jurnal_Aisyah_AzizahAmal_MuhammadYusriBachtiar.pdf Download (247kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran kecerdasan visual spasial anak sebelum dan sesudah menggunakan media aplikasi Kids Puzzles Gamepada anak usia 5-6 tahun di TK Idhata Cambaya. (2) mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Kids Puzzles Game terhadap kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun di TK Idhata Cambaya. Penelitian ini bertempat di TK Ihdata Cambaya yang terdiri dari 8 anak sebagai sampel penelitian. Pendekatan penelitianyang digunakan adalah pendekatan kunatitatif dengan jenis penelitian pre�eksperimental design dan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas shapiro wilk, dan uji paired sample t-test. Hasil analisis data memperoleh bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 7,75 <dan nilai rata-rata post-test adalah 13,50. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Kids Puzzles Game terhadap kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di TK Idhata Cambaya, dimana pada indikator pencapaian dapat menyusun puzzle, menyebutkan detail gambar, menyebutkan warna pada gambar, dan dapat melakukan kegiatan konstruksi. Kata Kunci: puzzle , aplikasi kids puzzles game, kecerdasan visual spasia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 07:14 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 07:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27154 |
Actions (login required)
View Item |