PENERAPAN METODE SERVICE LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK PADA KELOMPOK B TK MULTAZAM TAMANROYA

SRI YURDILAWATI (2023) PENERAPAN METODE SERVICE LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK PADA KELOMPOK B TK MULTAZAM TAMANROYA.

[img] Text
ARTIKEL SRI YURDILAWATI 1749040008.pdf

Download (668kB)

Abstract

Kemandirian anak di TK Multazam Tamanroya belum berkembang dengan baik dilihat dari bagaimana anak belum mengetahui haknya, mentaati aturan kelas, (kegiatan, aturan), dan bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh service learning terhadap kemandirian anak kelompok B di TK Multazam Tamanroya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun TK Multazam Tamanroya yaitu berjumlah 20 anak dan pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 anak yang dibagi kedalam 5 anak kelas kontrol dan 5 anak kelas eksperimen. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan Teknik analisis statistik nonparametrik, adapun kriteria Zhitung (3,75) lebih besar Ztabel (0,4999). Hal ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemandirian anak yang diberi perlakuan kegiatan metode service learning pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal ini yang membuktikan bahwa kegiatan metode service learning berpengaruh terhadap kemandirian anak Kata Kunci : Metode Service Learning, Kemandirian Anak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:57
Last Modified: 08 Feb 2023 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27151

Actions (login required)

View Item View Item