PENGARUH METODE BERCERITA BERBASIS MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK INSAN CEMERLANG MAKASSAR

ANGGUN FEBRIANA (2023) PENGARUH METODE BERCERITA BERBASIS MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK INSAN CEMERLANG MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Anggun Febriana.pdf

Download (624kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita berbasis media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Insan Cemerlang Makassar. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode bercerita dengan boneka tangan dan apakah ada pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Insan Cemerlang Makassar. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode bercerita dengan boneka tangan dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode bercerita dengan media boneka tangan terhadap Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Insan Cemerlang Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di TK Insan Cemerlang Makassar dan pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 anak yang dibagi kedalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perkembangan kemampuan berbicara anak yang diberi perlakuan metode bercerita berbasis media boneka tangan pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa metode bercerita berbasis media boneka tangan berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak. Kata kunci: metode bercerita, boneka tangan, kemampuan berbicara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:55
Last Modified: 08 Feb 2023 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27146

Actions (login required)

View Item View Item