PENGARUH MEDIA GAMBAR MENGGUNAKAN PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MENTARI BONTOA

SELCILIA (2023) PENGARUH MEDIA GAMBAR MENGGUNAKAN PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MENTARI BONTOA.

[img] Text
ARTIKEL_Selcilia (1749042028).pdf

Download (212kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media gambar menggunakan papan flanel tehadap kemampuan mengenal angka pada anak di Taman Kanak-Kanak Mentari Bontoa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Quasi One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Taman Kanak-Kanak Mentari Bontoa Kota Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perlakuan, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, uji normalitas Shapiro-Wilk, dan analisis statistic non-parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan mengenal angka anak sebelum di berikan perlakuan berupa kegiatan mengenal angka menggunakan media gambar papan flanel, dan setelah di berikan perlakuan melalui kegiatan mengenal angka menggunakan media gambar papan flanel mengalami peningkatan yang signifikan hal tersebut dibuktikan dari hasil uji Wilcoxon yaitu di peroleh Sig (2-tailed) 0.01< 0,05 maka H0 ditolak dan H1 di terima, yang berarti bahwa kegiatan mengenal angka menggunakan media gambar papan flannel berpengaruh terhadap kemampuan mengenal angkaanak usia 5-6 tahun. Kata kunci : Media Gambar, Papan Flanel, Kemampuan Mengenal Angka

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:35
Last Modified: 08 Feb 2023 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27143

Actions (login required)

View Item View Item