PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MIKRO TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH CAMBAYA

NUR RAHMATIKA PUTRI (2023) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MIKRO TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH CAMBAYA.

[img] Text
JURNAL NUR RAHMATIKA PUTRI 1749042009.pdf

Download (437kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh bermain peran mikro terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Cambaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Taman Kanak�Kanak Aisyiyah Cambaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non-parametrik. Berdasarkan hasil penelitian inidisimpulkan bahwa peningkatan kemandirian anak sebelum di beri metode bermain peran mikro, dan setelah di beri metode bermain peran mikro mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut dibuktikan dari hasil uji sampel tes (Pretest dan Posttest) yaitu diperoleh nilai T hitung > T table dan nilai Z hitung > Z tabel = H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa pembelajaran dengan bermain peran mikro berpengaruh terhadap kemandirian anak. Kata kunci: Bermain Peran Mikro, Kemandirian.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:56
Last Modified: 08 Feb 2023 03:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27141

Actions (login required)

View Item View Item