PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DI TK PERMATA IBU

WA ODE AMLIA (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DI TK PERMATA IBU.

[img] Text
ARTIKEL AMLIA.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang muncul di TK Permata Ibu tentang kreativitas pengamatan dilapangan menunjukkan bahwa permasalahan terjadi karena kurangnya kreativitas guru, kesulitan dalam membuat media pembelajaran sehingga kegiatan didalam kelas berlangsung guru tidak menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peningkatan kreativitas guru melalui media pembelajaran di TK Permata Ibu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah satu orang guru TK Permata Ibu kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dikumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data pengolahan dan menarik kesimpulan. Hasil dari kreativitas guru melalui media pembelajaran di TK Permata ibu bahwa guru kreatif dapat dilihat dari empat aspek kreativitas yaitu kelancaran berfikir, fleksibilitas, elaborasi dan orisinalitas. Hasil penelitian dari empat aspek kreativitas yang dimiliki guru melalui media pembelajaran menambah pengetahuan guru tentang media pembelajaran guru mampu membuat media pembelajaran dengan ide-idenya memberikan kegiatan yang lebih variatif terhadap pembelajaran dan guru terus berusaha mengasah kreativitas didalam dirinya agar kreativitas yang dimiliki guru di TK Permata Ibu lebih meningkat. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:41
Last Modified: 08 Feb 2023 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27139

Actions (login required)

View Item View Item