PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TALK TIME PLAYING (ATTP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP POLA DAN WARNA PADA ANAK KELOMPOK B TK NURUL AQIDAH KABUPATEN TAKALAR

Vita Permata Sari (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TALK TIME PLAYING (ATTP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP POLA DAN WARNA PADA ANAK KELOMPOK B TK NURUL AQIDAH KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
JURNAL_VITA PERMATA SARI_1749040009.pdf

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran ATTP terhadap kemampuan pemahaman konsep pola dan warna pada anak kelompok B TK Nurul Aqidah Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen design. Populasi yaitu anak kelompok B di TK Nurul Aqidah dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 anak yang dibagi menjadi 2 kelompok, 6 anak pada kelompok eksperimen dan 6 anak pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep pola dan warna anak yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran ATTP pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol dibuktikan dari hasil uji Wilcoxon yaitu diperoleh Thitung 12 > Ttabel 2,228 dan Zhitung 0,3151 > Ztabel 0,1368 artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran ATTP terhadap kemampuan pemahaman konsep pola dan warna pada anak. Kata Kunci : ATTP, Pemahaman Konsep, Pola, Warna

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:02
Last Modified: 08 Feb 2023 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27137

Actions (login required)

View Item View Item