PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN CONGKLAK TERHADAPKEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL BAGI ANAK USIA DINI PADAKELOMPOK B DI PAUD KB GEMILANG

NURHALISA (2023) PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN CONGKLAK TERHADAPKEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL BAGI ANAK USIA DINI PADAKELOMPOK B DI PAUD KB GEMILANG.

[img] Text
TEMPLATE JURNAL UNTIRTA NURHALISA-dikonversi.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang menyentuh ranah sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan sosial emosional anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan permainan congklak pada kelompok B di PAUD KB Gemilang dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan permainan congklak terhadap kemampuan sosial emosional anak didik pada kelompok B di PAUD KB Gemilang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di PAUD KB Gemilang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 14 anak 7 anak sebagai kelompok eksperimen dan 7 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan sosial emosional anak yang diberi perlakuan sebelum dan sesudah kegiatan bermain congklak, perkembangan sosial emosional anak pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F statistik dengan α = 1.116. Rerata kemampuan sosial emosional pada anak kelompok kontrol < kelompok eksperimen, yaitu 7.29 < 10.86. ini membuktikan kegiatan bermain congklak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan sosial emosional. Kata Kunci: Permainan congklak, sosial emosional.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:08
Last Modified: 08 Feb 2023 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27130

Actions (login required)

View Item View Item