PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK BUSTANUL ISLAMIYAH KARUWISI

NURUL YOLANDA FIRDAUS (2023) PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK BUSTANUL ISLAMIYAH KARUWISI.

[img] Text
Artikel Nurul Yolanda Firdaus.pdf

Download (265kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan keaksaraan anak sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan kegiatan membaca menggunakan metode fonik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Taman Kanak-Kanak Bustanul Islamiyah Karuwisi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perlakuan, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas kolmogorov smirnov, dan statistik parametrik yaitu uji paired sampel test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan keaksaraan anak sebelum dan sesudah diberikan treatment kegiatan membaca menggunakan metode fonik terdapat perubahan yang signifikan untuk perkembangan keaksaraan anak hal tersebut dibuktikan dari hasil uji paired sampel tes yaitu diperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti penggunaan kegiatan membaca menggunakan metode fonik memberikan pengaruh yang signifikan untuk perkembangan kemampuan keaksaraan anak. Kata Kunci: Membaca Menggunakan Metode Fonik, Kemampuan Keaksaraan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:20
Last Modified: 07 Feb 2023 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27126

Actions (login required)

View Item View Item