PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA EDUKATIF PUZZLE DARIDAUR ULANG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DITAMAN KANAK-KANAK CITRA KOTA MAKASSAR

Surya (2023) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA EDUKATIF PUZZLE DARIDAUR ULANG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DITAMAN KANAK-KANAK CITRA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Tamplate JPA_SURYA_.pdf

Download (445kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga edukatifpuzzle dari daur ulang terhadap perkembangan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar. jenis penelitian pre-eksperimen dan dengan desain penelitian one grouppretest-posttest design. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B pada usia 5-6 tahun di Taman Kanak�Kanak Citra Kota Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametrik. Hasil analisis diperoleh data bahwa terdapat perubahan yang signifikan pada perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah diberikan kegiatan menyusun kepingan. Berdasarkan uji paired sampel tes maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan penggunaan alat peraga edukatif puzzle dari daur ulang terhadap perkembangan kognitif anak di Taman Kanak- Kanak Citra Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test yang signifikan meningkat setelah diberikan treatment. Kata Kunci: Alat Peraga Edukatif Puzzle, Perkembangan Kognitif Anak, Anak Usia Dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:59
Last Modified: 07 Feb 2023 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27124

Actions (login required)

View Item View Item