PERAN KOMUNIKASI VERBAL DALAM PENANAMAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK – KANAK PUSATPADU ULUL AZMI KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

Dwi rahmanatasari (2023) PERAN KOMUNIKASI VERBAL DALAM PENANAMAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK – KANAK PUSATPADU ULUL AZMI KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
ARTIKEL DWI RAHMANATASARI.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran komunikasi verbal dalam penanaman akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran komunikasi verbal yang dilakukan oleh guru terhadap penanaman akhlak anak di Taman Kanak�kanak Pusat Padu Ulul Azmi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi verbal yang dilakukan oleh guru dalam penanaman akhlak anak di Taman Kanak-kanak Pusat Padu Ulul Azmi, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang anak, dan 2 guru yang mengajar di kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman akhlak anak usia dini digolongkan berhasil hal ini dibuktikan dengan perilaku sopan dan peduili anak serta mau menolong orangtua, pendidik dan temannya. Perilaku Akhlak anak yang berubah menjadi baik, semua dengan latihan dan proses pemberian komunikasi verbal secara lisan dengan menggunakan metode bercerita dan bercakap-cakap yang diberikan oleh guru di sekolah. Kata Kunci: Komunikasi verbal, penanaman akhlak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:44
Last Modified: 07 Feb 2023 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27121

Actions (login required)

View Item View Item