PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGANTERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUNDI RAUDHATUL ATFHAL MARDHATI KOTA MAKASSAR

A.Irmayani. (2023) PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGANTERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUNDI RAUDHATUL ATFHAL MARDHATI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL A.IRMAYANI.pdf

Download (329kB)

Abstract

A.Irmayani. 2020. Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Atfhal Mardhati Makassar. Dibimbing oleh Dr.Parwoto.M.Pd. dan Dr.Syamsuardi.S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kemampuan menyimak bagi anak yang diberi perlakuan metode bercerita dengan media boneka tangan dan yang diberi perlakuan dengan gambar seri dan Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap kemampuan menyimak anak di Raudhatul Atfhal Mardhati Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian uasi Eksperiment Design. Populasi dalam penellitian ini adalah anak seluruh kelompok B RA Mardhati Kota Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 anak dari kelompok B2 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B1 5 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dam dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode bercerita dengan boneka tangan terhadap kemampuan menyimak anak di kelompok RA Mardhati Kota Makassar. Kata Kunci: Metode bercerita dengan boneka tangan, kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:57
Last Modified: 07 Feb 2023 03:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27095

Actions (login required)

View Item View Item