SUCI AYU LESTARI (2023) MODEL POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH ANNASSAPPU DESA BONTOBIRAENG SELATAN KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.
Text
Jurnal Tematik Suci Ayu Lestari.pdf Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah Annassappu Desa Bontobiraeng Selatan Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 orang tua dan anak didik di TK Al-Hidayah Annassappu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, pengolahan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dari model pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak usia 4-5 tahun, menunjukkan bahwa orang tua cenderung menggunakan pola asuh demokratis untuk membimbing anaknya dan perilaku sosial anak menjadi mandiri, memahami aturan dan bersikap disiplin, mau berbagi dan berkerja sama, memiliki sikap percaya diri yang baik, dan memiliki empati dengan temannya. Berdasarkan hasil observasi, terlihat bahwa orang tua lebih memberikan kebebasan kepada anaknya tetapi tetap dalam pengawasan dan kontrol dari orang tua, orang tua memberikan aturan kepada anak agar anak bisa terbiasa untuk disiplin, dan orang tua juga membangun komunikasi yang baik dengan anak Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perilaku Sosial, Anak Taman Kanak-kanak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 03:47 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 03:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27091 |
Actions (login required)
View Item |