ROSTINA (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI KABUPATEN JENEPONTO.
Text
JURNAL ROSTINA 2014.pdf Download (177kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan linguistik anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Handayani Kabupaten Jeneponto. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode pembelajaran cooperative learnig terhadap kecerdasan bahasa anak di taman kanak-kanak Handayani Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperative learningterhadap kecerdasan bahasa anak di taman kanak-kanak. Manfaat penelitian ini memiliki manfaat teoretis dan manfaat praktis. Adapun pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di Taman Kanak�Kanak Handayani Kabupaten Jeneponto. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 anak didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Handayani Kabupaten Jeneponto. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah anak didik diberikan perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model cooperative learning terhadap kecerdasan linguistik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Handayani Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Kecerdasan Linguistik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 07:25 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 07:25 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27073 |
Actions (login required)
View Item |