PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI GAMBAR SERITERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADAKELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ELIM BATUA MAKASSAR

ANNISA BUNGA (2023) PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI GAMBAR SERITERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADAKELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ELIM BATUA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (106kB)

Abstract

Annisa Bunga, 2018. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Elim Batua Makassar. Dibimbing oleh Dr. Azizah Amal, S.S., M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I., M.Pd. Program Studi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran umum kemampuan berbicara anak melalui penerapan metode bercerita dengan gambar seri pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Elim Batua Makassar ? (2) Apakah ada pengaruh penerapan metode bercerita dengan gambar seri terhadap kemampuan berbicara anak pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Elim Batua Makassar ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum kemampuan berbicara anak dengan penggunaan gambar seri dalam metode bercerita pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Elim Batua Makassar. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar seri dalam metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Elim Batua Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data melalui tes perlakuan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji nonparametrik menggunakan uji beda Wilcoxon. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan metode bercerita melalui gambar seri terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Elim Batua Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:32
Last Modified: 06 Feb 2023 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27067

Actions (login required)

View Item View Item