PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD KARTINI KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG

ANNIZA SEVTIANDINI A (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD KARTINI KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI-1.docx

Download (78kB)

Abstract

Anniza Sevtiandini Ansar Putri,2018. Pengaruh penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di Paud Kartini Kabupaten Bantaeng. Skripsi dibimbing oleh Dr. Muh Yusri Bachtiar,M.Pd dan Dr. Rusmayadi, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang Pengaruh Penggunaan Media Kartu Angka terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Pada kelompok B di Paud Kartini Kabupaten Bantaeng sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan media kartu angka. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak usia dini pada kelompok B di Paud Kartini Kab.Bantaeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan berhitung permulaan anak pada kelompok B di Paud Kartini Kab.Bantaeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah Design control group design, pendekatan yang dipilih iyalah pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini terdapat 22 anak. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu tehnik random sampling. Lokasi dari penelitian ini berlokasi di Paud Kartini Kabupaten Bantaeng. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistic non parametric. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berhitung permulaan anak sebelum dan sesudah penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan berhitung permulaan anak pada kelompok B di Paud kartini Kabupaten Bantaeng. Pembahasan dari penelitian ini adalah sebelum penggunaan media kartu angka maka kemampuan berhitung permulaan anak berada pada kategori rendah/cukup, tetapi setelah penggunaan media kartu angka kemampuan berhitung permulaan anak berada pada kategori tinggi atau sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan media kartu angka ada

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:20
Last Modified: 06 Feb 2023 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27065

Actions (login required)

View Item View Item