PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF DENGAN MEDIA CLAY TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAKPADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK RAHMAH KOTA MAKASSAR

SRI WAHYUNING AMPUTRI (2023) PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF DENGAN MEDIA CLAY TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAKPADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK RAHMAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh bermain konstruktif melalui media clay terhadap kemampuan motorik halus anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Rahmah Kota Makassar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah gambaran perkembangan kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan bermain konstruktif melalui media clay pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Rahmah Kota Makassar, gambaran perkembangankemampuan berhitung permulaan anak yang diberi perlakuan dengan metode konvensional pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Rahmah Kota Makassar, dan apakah ada pengaruh bermain konstruktif dengan media clay terhadap kemampuan motorik halus pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Rahmah Kota Makassar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan bermain konstruktif dengan media clay pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Rahmah Kota Makassar, untuk mengetahui gambaran perkembangan kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan dengan metode konvensional pada kemlompok B di Taman Kanak-kanak Rahmah Kota Makassar, dan untuk mengetahui pengaruh bermain konstruktif dengan media clay terhadap kemampuan motorik halus pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Rahmah Kota Makassar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak pada kelas B yang berjumlah 40 anak di Taman Kanak-kanak Rahmah Kota Makassar, sampel penelitian ini berjumlah 10 anak untuk kelas eksperimen dan 10 anak untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposivesampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:12
Last Modified: 06 Feb 2023 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27064

Actions (login required)

View Item View Item