PENGARUH GERAK TARI KOLABORASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TAMAN KANAN-KANAK BIDARAYYA MAKASSAR

SITI RADHIYA HERLAN (2023) PENGARUH GERAK TARI KOLABORASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TAMAN KANAN-KANAK BIDARAYYA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL Siti Radhiya Herlan PG. PAUD UNM.pdf

Download (465kB)

Abstract

ST. Radhiya Herlan, 2018. Pengaruh gerak tari kolaborasi terhadap kemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok A di Taman Kanak-Kanak BidarayyaMakassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M. Pd selaku pembimbing I dan Syamsuardi,S.Pd,M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu : 1)Bagaimana gambaran kemampuan motorik kasar anak didik sebelum penerapan Gerak Tari Kolaborasi di Taman Kanak�kanak Bidarayya Makassar? 2)Bagaimana gambaran kemampuan motorik kasar anak didik setelah penerapan Gerak Tari Kolaborasi di Taman Kanak-Kanak Bidarayya Makassar? 3)Apakah ada pengaruh Gerak Tari Kolaborasi terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak didik di Taman Kanak-kanak Bidarayya Makassar?. Tujuan penelitian ini yaitu : 1)Bagaimana gambaran kemampuan motorik kasar anak didik sebelum penerapan Gerak Tari Kolaborasi di Taman Kanak-kanak Bidarayya Makassar 2)Bagaimana gambaran kemampuan motorik kasar anak didik setelah penerapan Gerak Tari Kolaborasi di TamanKanak-Kanak Bidarayya Makassar 3)Apakah ada pengaruh Gerak Tari Kolaborasi terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak didik di Taman Kanak�kanak Bidarayya Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental dengan jenis nonequivalent control group design dengan jumlah populasi 19 anak didik, sampel penelitian ini sebanyak 12 anak didik . Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, tesdan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik nonparametrik dengan menggunakan uji beda Wilcoxon signed rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan motorik anak pada kelompok eksperimen dengan nilai rata-rata 31,66 berada dikategori baik, Adapun nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 2,23 dan Z tabel yaitu 1,645 maka diperoleh hasil Z hitung (2,23) > Z tabel (1,645), H₁ diterima Ho ditolak yang artinya ada pengaruh gerak tari kolaborasi terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Bidarayya Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:06
Last Modified: 06 Feb 2023 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27063

Actions (login required)

View Item View Item