Pengaruh permainan sosiodrama terhadap kemampuan komunikasi anak di Taman Kanak-kanak Bidarayya Btn Minasa upa blok a6/15a kota Makassar

SITI NURHALIZA (2023) Pengaruh permainan sosiodrama terhadap kemampuan komunikasi anak di Taman Kanak-kanak Bidarayya Btn Minasa upa blok a6/15a kota Makassar.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (415kB)

Abstract

Siti Nurhaliza, 2018. Pengaruh permainan sosiodrama terhadap kemampuan komunikasi anak di Taman Kanak-kanak Bidarayya Btn Minasa upa blok a6/15a kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi anak di Taman Kanak-Kanak Bidarayya. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan komunikasi anak yang diajar dengan metode bermain sosiodrama di Taman Kanak-Kanak Bidarayya kota Makassar, 2) Bagaimana kemampuan komunikasi anak yang diajar dengan metode bercerita di Taman Kanak-Kanak Bidarayya kota Makassar, 3) Apakah ada pengaruh permainan Sosiodrama terhadap kemampuan komunikasi anak di taman kanak-Kanak Bidarayya kota Makassar. Adapun Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi anak yang diajar dengan metode sosiodrama di Taman Kanak-Kanak Bidarayya kota Makassar, 2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi anak yang diajar dengan metode bercerita di Taman Kanak-Kanak Bidarayya Tujuan kota Makassar, 3) Untuk mengetahui pengaruh permainan sosiodrama terhadap kemampuan komunikasi anak di Taman Kanak-Kanak Bidarayya kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah kelas B yang berjumlah 20 anak di Taman Kanak-Kanak Bidarayya kota Makassar, sampel penelitian 2ini berjumlah 10 anak untuk kelompok eksperimen dan 10 anak untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi dengan check list. Teknik analisis data dengan analis deskriptif dan uji beda Wilcoxon. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kemampuan komunikasi anak yang diajar dengan metode sosiodrama (kelompok eksperimen) meningkat dalam kategori baik, dimana hal tersebut dapat dikatakan berhasil karena telah memenuhi beberapa item observasi dan anak sudah mampu melakukan komunikasi saat pembelajaran berlangsung, kemampuan komunikasi anak yang diajar dengan metode bercerita (kelompok kontrol) termasuk kategori cukup, dimana hal tersebut dapat dikatakan cukup berhasil karena telah memenuhi beberapa item observasi dan anak mulai mampu melakukan komunikasi saat pembelajaran berlangsung. Hasil uji beda Wilcoxon adalah hitung (3)>Ztabel (1,645). H1 diterma jadi hasil dapat diperoleh ada pengaruh permainan Sosiodrama terhadap kemampuan komunikasi anak di Taman Kanak-Kanak Bidarayya BTN Minasa Upa Blok A6/15A Kota Makassar. Dalam pelaksanaan dilapangan ditemukan kelebihan dari kegiatan sosidrama yaitu, anak lebih antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, mampu menambah perbendaharaan kata pada anak dan melatih anak bersosialisasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:00
Last Modified: 06 Feb 2023 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27062

Actions (login required)

View Item View Item