PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI BERMAIN PESAN BERANTAI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PAROPO CABANG TELLO BARU MAKASSAR

DESY INDRIANI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI BERMAIN PESAN BERANTAI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PAROPO CABANG TELLO BARU MAKASSAR.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI BERMAIN PESAN BERANTAI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AIS~0.pdf

Download (520kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak melalui bermain pesan berantai pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Paropo Makassar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak melalui bermain pesan berantai pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Paropo Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah permainan pesan berantai dan kemampuan bahasa reseptif anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Paropo Makassar dengan subjek penelitian 10 orang anak didik yang usianya 5-6 tahun dan seorang guru di kelompok B. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian observasi guru siklus satu berada pada kategori cukup dan kategori baik pada siklus dua. Hasil penelitian observasi anak pada siklus satu berada pada kategori belum berkembang dan berada pada kategori mulai berkembang pada siklus dua. Kata Kunci : Bahasa Reseptif, Permainan Pesan Berantai

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:46
Last Modified: 06 Feb 2023 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27060

Actions (login required)

View Item View Item