MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI KEGIATANBERMAIN PERANPADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATFHAL MARDHATI MAKASSAR

NUR AMIRAH B (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI KEGIATANBERMAIN PERANPADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATFHAL MARDHATI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak anak. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menyimak melalui kegiatan bermain peran pada anak usia dini kelompok B di RA Mardhati Makassar.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui metode bermain peran anak usia dini kelompok B di RA Mardhati Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah kemampuan menyimak dan bermain peran. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B RA Mardhati Kota Makassar yang terdiri dari 19 anak didik yaitu 6 orang perempuan dan 13 orang laki-laki dan 1orang guru. Desain penelitian terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data ialah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini kelompok B di RA Mardhati Kota Makassar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perubahan kriteria BSH di setiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 3 orang anak dalam kriteria BSH dan pada siklus II sebanyak 12 orang anak dalam kriteria BSH.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:10
Last Modified: 06 Feb 2023 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27056

Actions (login required)

View Item View Item