NUR ISTIYANAH IKHLAS (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGANMELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAKKELOMPOK A DI RAUDHATUL ATHFALAN-KAWIZRAK MAKASSAR.
Text
JURNAL NUR ISTIYANAH IKHLAS.pdf Download (67kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui permainan memancing angka pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal An-Kawizrak Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah permainan memancing angka dan kemampuan mengenal konsep bilangan anak di Raudhatul Athfal An-Kawizrak Makassar. Setting penelitian dilakukan di Raudhatul Athfal An-Kawizrak Makassar dengan subjek penelitian ini 10 orang anak didik yang berusia 4-5 Tahun dan seorang guru kelompok A. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru dan hasil belajar anak. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Sedangkan hasil belajar anak pada siklus I berada pada kategori belum berkembang menjadi berkembang sesuai harapan pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan memancing angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal An-Kawizrak Makassar. Kata Kunci : Konsep Bilangan, Permainan Memancing Angka
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 02:20 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 02:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27051 |
Actions (login required)
View Item |