PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MENGGUNTINGDI RAUDHATUL ATHFAL JAMIATUL KHAER KOTA MAKASSAR

Zulfa Ringan (2023) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MENGGUNTINGDI RAUDHATUL ATHFAL JAMIATUL KHAER KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ZULFA RINGAN.pdf

Download (121kB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B1 melalui kegiatan menggunting ?. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengembangan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B1 melalui kegiatan menggunting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian yaitu Raudhatul Athfal Jamiatul Khaer pada kelompok B1 dengan jumlah anak didik 13 orang dan 1 orang guru. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, wawncara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai pengembangan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting di Raudhatul Athfal Jamiatul Khaer Kota Makassar menunjukkan bahwa melalui kegiatan menggunting dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Dengan kegiatan menggunting tersebut, maka seorang guru dapat mengetahui secara langsung dan melihat gambaran terhadap kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh anak didik. Bisa dilihat ada anak yang masih perlu bimbingan dan arahan dari guru serta ada pula anak yang memang belum bisa melakukan perintah guru dan ada juga anak yang sudah mandiri dalam melaksanakan perintah dari guru untuk mencapai indikator dalam pengembangan kemampuan motorik halus anak. Kata Kunci : Motorik Halus dan Menggunting

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:07
Last Modified: 06 Feb 2023 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27049

Actions (login required)

View Item View Item