PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKON MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Arpin Paembonan (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKON MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (96kB)
[img] Text
BAB I-V.docx

Download (574kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (4MB)
[img] Text
lampiran 2.docx

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (3MB)

Abstract

Arpin Paembonan, 2018. Pengaruh Penggunaan Media Dakon Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Tinggi SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd.,M.Pd. sebagai pembimbing I dan Dra. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu : (1) bagaimanakah gambaran penggunaan media dakon matematika terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas tinggi, (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika siswa kelas tinggi, (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan media dakon matematika terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan media dakon matematika dan gambaran hasil belajar matematika serta pengaruh penggunaan media dakon matematika terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada siswa kelas tinggi SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar yaitu kelas IV,V, dan VI dengan jumlah 192 siswa dan teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, tes,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan uji independent samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan dakon matematika pembelajaran berlangsung dengan efektif, keefektifan tersebut dibuktikan adanya peningkatan hasil pada proses pembelajaran. Terdapat pengaruh yang signifikan, penggunaan media dakon matematika terhadap hasil belajar matematika. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media dakon matematika terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:03
Last Modified: 06 Feb 2023 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27048

Actions (login required)

View Item View Item